Selamat Datang, Dinas Energi Sumber Daya Mineral Prov. Sulawesi Selatan

Berita / Posting

SOSIALISASI BIDANG MINERBA

"Sosialisasi Peraturan Perundang- Undangan Bidang Mineral Dan Batubara"
Hotel Grand Sayang Makassar, 23 - 25 Juni 2022

 

Kegiatan sosialisasi perundang-undangan yang diselenggarakan ini merupakan bagian dari upaya pemerintah daerah dalam rangka meningkatkan pemahaman para pemangku kepentingan se Kabupaten/Kota di Provinsi Sulawesi Selatan mengenai peraturan perundang-undangan sektor energi dan sumber daya mineral Hususnya perundang-undangan bidang mineral dan batubara.

Pasca ditetapkannya UU Cipta Kerja banyak mempengaruhi bahkan mengubah beberapa norma dalam peraturan perundang-undangan sektor energi dan sumber daya mineral yang mana hal ini berdampak banyak pada Peraturan-Peraturan Perundang-Undangan Bidang Mineral dan Batubara, terbaru ditetapkannya Perpres 55 Tahun 2022 tentang Pendelegasian Pemberian Perizinan Berusaha di Bidang Pertambangan Mineral dan Batubara. Lahirnya UU Cipta Kerja dan Perpres 55 tahun 2022 diharapkan dapat memberikan kemudahan perizinan berusaha khusunya pertambangan mineral dan batubara.

Banyaknya perubahan norma dalam peraturan perundang-undangan sektor energi dan sumber daya mineral yang melahirkan banyak peraturan turunan pada bidang mineral dan batubara, sangat penting dilakukan penyebarluasan agar melahirkan penafsiran dan presepsi yang sama terhadap suatu produk hukum perubahan dan/atau terbaru sehingga dapat segera ditindak lanjuti baik oleh masyarakat/pelaku usaha untuk diimpelentasikan maupun pemerintah kabupaten/kota melalui produk hukum daerah untuk efektifitas pelayanan publik.
Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa sosialisasi peraturan perundang-undangan merupakan salah satu langkah untuk meningkatkan budaya hukum masyarakat. Bahwa negara republik indonesia adalah negara hukum dan bukan atas kekuasaan belaka. Disinilah letak pentingnya pelaksanaan kegiatan sosialisasi peraturan perundang-undangan, mengingat kompeksitas permasalahan hukum yang tengah dihadapi oleh bangsa kita khususnya perundang-undangan sektor energi dan sumber daya mineral, terutama yang terkait dengan Problematika banyaknya perundang-undangan yang kesemuanya harus dipahami oleh masyarakat dalam rangka implementasi kehidupan berbangsa dan bernegara. Untuk itu pemerintah memiliki kewajiban menyebarluaskan peraturan perundang-undangan yang telah diundangkan dalam lembaran negara republik indonesia dan berita negara republik indonesia, sebagaimana diatur dalam Undang-Undang No 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan. Olehnya itu pelaksanaan kegiatan ini menjadi suatu wadah inspirasi dan motivasi kita semua, khususnya peserta sosialisasi dalam berprilaku, berinovasi, dan berkreasi, para peserta merupakan orang-orang yang memiliki semangat untuk bekerja secara handal dan profesional. dan diberikan banyak referensi pengetahuan agar lebih mudah memahami peraturan perundang-undangan bidang mineral dan batubara.