Selamat Datang, Dinas Energi Sumber Daya Mineral Prov. Sulawesi Selatan

Berita / Posting

SOSIALISASI BIDANG EBTK

"Sosialisasi Peraturan Perundang-Undangan Bidang Energi Baru Terbarukan Dan Ketenagalistrikan"
Hotel Grand Imawan Makassar, 21 - 23 Juni 2022

 

Plt. Kepala  Dinas  Energi  dan  Sumber  Daya  Mineral  Provinsi  Sulawesi  Selatan, Ir. H. Andi Bakti H, C.E.S  dalam sambutannya mengatakan bahwa "Energi baru adalah energi yang berasal dari sumber energi baru, sedangkan energi terbarukan adalah energi yang berasal dari sumber energi terbarukan. Sumber energi terbarukan merupakan sumber energi yang dihasilkan dari sumber daya energi yang berkelanjutan jika dikelola dengan baik, antara lain panas bumi, angin, bioenergi, sinar matahari, aliran dan terjunan air, serta gerakan dan perbedaan suhu lapisan laut.
Dalam upaya meningkatkan pengetahuan dan  pemahaman tentang energi baru terbarukan dan ketenagalistrikan, maka pemerintah provinsi sulawesi selatan melalui dinas esdm mengadakan sosialisasi tentang peraturan perundang-undangan bidang energi baru terbarukan dan ketenagalistrikan pasca undang-undang cipta kerja dengan mengundang pelaku usaha serta organisasi perangkat daerah yang terkait dengan sektor energi baru terbarukan dan ketenagalistrikan, materi yang disampaikan dalam sosialisasi ini adalah terkait kebijakan dan peraturan perundang – undangan bidang energi baru terbarukan dan ketenagalistrikan, konservasi lingkungan dan pengawasan  energi baru terbarukan dan ketenagalistrikan.

Sosialisasi ini juga dimaksudkan agar para pelaku usaha dan instansi yang terkait bisa memahami pentingnya konservasi energi agar sustainable energy tetap terjaga, baik kualitas dan kuantitasnya. Sehingga, dengan adanya sosialisasi ini pemerintah provinsi dan pemerintah daerah kabupaten/ kota bersama dengan pihak pengguna energy dan ketenagalistrikan memahami dan mampu menerapkan kebijakan sektor energi baru terbarukan dan ketenagalistrikan.