Selamat Datang, Dinas Energi Sumber Daya Mineral Prov. Sulawesi Selatan

Berita / Posting

SOSIALISASI BIDANG GEOLOGI DAN AIR TANAH

"Sosialisasi Peraturan Perundang-Undangan Bidang Geologi dan Air Tanah"

Hotel Almadera Makassar, 19 - 21 Juni 2022

 Dalam sambutan Kepala Dinas yang pada kesempatan ini diwakili oleh Ibu Hj. Andi Rahmania Malik, SE, M.SI selaku Sekretaris Dinas ESDM Prov. SulSel, bahwa "tingginya pertumbuhan penduduk Provinsi Sulawesi Selatan dan akselerasi pembangunan provinsi yang sangat intensif diberbagai sektor menyebabkan kecenderungan peningkatan kebutuhan air khususnya untuk kebutuhan air tanah. Jika dulu, sumber daya air tanah cenderung mudah diperoleh, kini kualitas dan kuantitasnya sudah mulai menurun. Sebab itu, perlu pengelolaan dan pemanfaatan air tanah yang lebih baik agar cadangan air tanah tidak terkuras tanpa terkendali.

Saat ini air tanah menjadi sumber daya alam yang vital dan strategis karena menyangkut hajat hidup orang banyak dalam berbagai aktifitas. Pemanfaatan air tanah saat ini banyak digunakan untuk mendukung irigasi, pertanian, niaga serta industri. Namun jika tidak dikelola secara baik, pemanfaatan dan pengelolaan air tanah akan menimbulkan masalah baru bagi masyarakat. Masalah-masalah itu diantaranya adalah pencemaran air tanah, amblesan tanah, banjir air pasang serta intrusi air laut.

Dalam upaya meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang air tanah tersebut, maka Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melalui Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Sulawesi Selatan mengadakan sosialisasi tentang peraturan perundang-undangan bidang geologi dan air tanah dengan mengundang para pengguna air tanah serta instansi daerah yang terkait dengan pendapatan daerah.

Materi yang disiapkan dalam sosialisasi ini adalah terkait kebijakan dan peraturan perundang – undangan bidang air tanah, dalam hal pengelolaan dan penetapan nilai perolehan air tanah bagi pengguna air tanah. Sosialisasi ini juga dimaksudkan agar para pengguna air tanah bisa memahami pentingnya konservasi dan pelestarian air tanah yang ada agar ketersediaan air tanah bisa tetap terjaga, baik kualitas dan kuantitasnya. Serta juga berperan penting dalam kemajuan pembangunan provinsi dan kabupaten kedepannya melalui adanya pendapatan asli daerah dibidang pengelolaan air tanah. Sehingga, dengan adanya sosialisasi ini terjadi persamaan persepsi antara Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota bersama dengan pihak pengguna air tanah akan pentingnya ketersediaan air tanah bagi hidup orang banyak dan juga sekaligus salah satu sektor penunjang pembangunan Provinsi Sulawesi Selatan ke depan yang lebih baik, serta peran serta instansi terkait dalam penegakan aturan yang telah ada."