Selamat Datang, Dinas Energi Sumber Daya Mineral Prov. Sulawesi Selatan

Berita / Posting

BIMTEK OPERATOR GENSET

Bimbingan Teknis Operator Genset

Dengan semakin bertambahnya kemajuan zaman di bidang teknologi terutama perindustrian, penggunaan  generator set  adalah suatu hal yang mutlak  diperlukan  untuk memudahkan pekerjaan manusia, namun dalam pengoperasiannya  genset  mengandung  potensi hazard atau bahaya yang tidak bisa di bilang kecil yang dapat  menyebabkan kecelakaan besar yaitu ledakan dan kebakaran, oleh karena itu  perlunya  dilakukan antisipasi sejak dini  yaitu dengan  diadakannya  bimbingan  teknis operator genset yang mencakup cara pengoperasian  genset yang benar sesuai sop bagi operator  genset yang ada di badan usaha penyediaan tenaga listrik untuk kepentingan sendiri.
Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) ialah pembangkit listrik yang menggunakan mesin diesel yang berbahan bakar High Speed Diesel Oil (HSDO) sebagai Penggerak Mula (Prime Mover). Prime Mover merupakan peralatan yang mempunyai fungsi menghasilkan energi mekanis yang diperlukan untuk memutar rotor generator. PLTD/Genset ini merupakan sumber energi listrik untuk darurat atau cadangan, namun demikian pengoperasiannya perlu diperhatikan terkait dengan aspek-aspek keselamatan dan juga prosedur yang berlaku sehingga diharapkan pengoperasian tersebut bisa aman, andal dan ramah lingkungan.
Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2009 tentang Ketenagalistrikan jo. Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang  Cipta Kerja yang menyatakan bahwa setiap tenaga teknik dalam usaha ketenagalistrikan wajib memiliki sertifikat kompetensi sebagai standar kemampuan melakukan pekerjaan tertentu dalam hal ini sebagai operator genset yang menyangkut aspek pengetahuan, keterampilan atau keahlian, serta sikap kerja tertentu yang relevan dengan tugas sebagai operator genset.
Operator genset ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada operator tentang bagaimana mengoperasikan genset  dengan benar sesuai dengan persyaratan teknis dan sop sehingga aspek keselamatan  ketenagalistrikan (k2) terpenuhi yang meliputi: kondisi andal bagi instalasi, aman dari bahaya bagi manusia dan ramah lingkungan dalam arti tidak merusak lingkungan hidup disekitar instalasi tenaga listrik (a3).
keselamatan ketenagalistrikan dalam sistem pembangkit tenaga listrik meliputi ; 
a. Standarisasi 
b. Pengamanan instalasi dan pemanfaat tl untuk    mewujudkan kondisi : 
   - Andal dan aman bagi instalasi (keselamatan instalasi) 
   - Aman dari bahaya bagi manusia : 
     * Tenaga kerja ( keselamatan kerja ) 
     * Masyarakat umum ( keselamatan umum ) 
   - Akrab lingkungan ( keselamatan lingkungan ) 
c. Sertifikasi : 
   - Sertifikasi laik operasi bagi instalasi penyediaan tl, 
   - Sertifikasi kesesuaian dengan standar puil untuk  instalasi pemanfaatan tl (instalasi pelanggan), 
   - Tanda keselamatan bagi pemanfaat tl (alat kerja/rumah tangga) 
   - Sertifikasi kompetensi bagi tenaga teknik ketenagalistrikan